Tabel Capaian Pembelajaran Program Studi Bahasa Mandarin

untuk Komunikasi Bisnis dan Profesional

 

No.

Capaian Pembelajaran

Sumber Acuan

 

Aspek Sikap

 

1.

Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa;

Lampiran Permeristekdikti No. 44 Tahun 2015 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi

2.

Menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan yang berlaku baik pada tingkat lokal maupun internasional, baik berdasarkan agama, moral maupun etika;

3.

Menjunjung tinggi nilai, norma, dan etika akademik;

4.

Bangga bertanah air Indonesia dan memiliki rasa nasional yang tinggi sebagai wujud dari kecintaan terhadap tanah air Indonesia;

 

5.

Menjunjung tinggi dan menghargai keanekaragaman budaya, ras, agama, dan kepercayaan;

6.

Bekerja sama dan memiliki kepekaan dan kepedulian sosial terhadap masyarakat dan lingkungannya;

7.

Taat hukum dan disiplin menjalankan aturan-aturan yang berlaku dalam kehidupan berbangsa dan bernegara serta dalam kehidupan akademik;

8.

Menunjukkan sikap bertanggung jawab terhadap pekerjaan dan tugasnya;

9.

Menunjukkan sikap mandiri dalam mengembangkan diri, pengetahuan, dan keterampilannya;

10.

Menunjukkan ketulusan, komitmen dan kesungguhan dalam berinteraksi dengan peserta didik.

 

Aspek Pengetahuan

 

1.

Menguasai teori tentang pemerolehan bahasa, baik bahasa ibu maupun bahasa asing;

Lampiran Permeristekdikti No. 44 Tahun 2015 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi

2.

Menguasai teori, konsep, dan model-model belajar dan pembelajaran bahasa asing;

3.

Menguasai konsep kewirausahaan/bisnis yang berkaitan dengan bahasa Mandarin

4.

Menguasai pengetahuan tentang Negara Tiongkok secara umum (sejarah, geografi, dan budaya), serta memiliki pemahaman lintas budaya.

5.

Cerdas memilah dan memilih media dan alat evaluasi sesuai kurikulum yang diajarkannya dengan mengamalkan nilai konservasi dan menumbuhkan karakter peserta didiknya

6.

Mampu menyelenggarakan pembelajaran Bahasa Mandarin menggunakan strategi inovatif yang berwawasan konservasi dalam suasana akademik yang demokratis

7.

Menguasai teori, konsep, dan model-model penelitian tentang belajar dan pembelajaran Bahasa Mandarin sebagai bahasa asing

 

Aspek Keterampilan Umum

 

1.

Mahir berbahasa chinese baik secara lisan maupun tulisan dalam berbagai konteks, baik konteks kehidupan sehari-hari, akademis, maupun pekerjaan;

Lampiran Permeristekdikti No. 44 Tahun 2015 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi

2.

Mampu merancang pembelajaran Bahasa mandarin yang kreatif dan inovatif;

3.

Mampu merancang dan mengembangkan bahan pembelajaran Bahasa mandarin sebagai bahasa asing;

4.

Mampu memecahkan masalah belajar dan pembelajaran bahasa Mandarin dalam lingkup sederhana dengan menerapkan teori pendekatan konsep atau prinsip yang berkaitan dengan desain dan model pembelajaran bahasa Mandarin, merencanakan, menerapkan, mengelola, mengevaluasi serta melakukan perbaikan belajar dan pembelajaran bahasa Mandarin untuk tujuan umum maupun khusus berdasarkan identifikasi dan analisis karakteristik dan kebutuhan peserta didik serta pemangku kepentingan.

5.

Mendesiminasikan hasil kajian terhadap masalah belajar dan pembelajaran bahasa Mandarin dalam bentuk laporan ilmiah atau kertas kerja.

 

 

Keterampilan Khusus

 

1.

Mampu merancang program belajar dan pembelajaran Bahasa Mandarin sebagai bahasa asing;

Lampiran Permeristekdikti No. 44 Tahun 2015 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi

2.

Mampu merancang dan menganalisis hasil evaluasi terhadap belajar dan pembelajaran Bahasa Mandarin sebagai bahasa asing;

3.

Mampu melakukan penelitian dalam bidang belajar dan pembelajaran Bahasa Mandarin sebagai bahasa asing

4.

Mampu mengelola korespondensi kesekretariatan dalam bahasa Mandarin.

5.

Mampu menerjemahkan /mengalih bahasakan berbagai jenis teks dari bahasa Mandarin ke bahasa Indonesia dan sebaliknya

 

 

 

MAINSITE