Tabel Profil dan deskripsi Lulusan Program Studi Bahasa Mandarin Untuk Komunikasi Bisnis dan Profesional

No

Profil Lulusan

Deskripsi Profil Lulusan

1

Wirausaha di bidang bahasa Mandarin dan bidang-bidang terkait

Wirausaha yang dapat menjalankan bisnis di bidang bahasa Mandarin, penerjemahan, penjurubahasaan, yang mampu melaksanakan tugas-tugas seorang pebisnis yang andal, yang mampu berkomunikasi dengan baik dalam bahasa Mandarin dengan rekan bisnis dan pelanggan jika diperlukan

2

Public relation and customer service officer

Pegawai bagian hubungan public (public relation) yang mampu menciptakan dan menjaga komunikasi dengan pihak luar organisasi atau institusi, seperti pelanggan, investor, pemegang saham, media, lembaga pemerintah, karyawan, masyarakat sekeliling dengan menggunakan bahasa Mandarin dengan baik serta mampu menyajikan presentasi lisan tentang produk atau service yang dihasilkan oleh perusahaan.

3

Penerjemah/juru bahasa bidang bisnis

Penerjemah yang dapat menerjemahkan naskah sosial budaya, ekonomi dan bisnis, hokum terkait bisnis, dari bahasa Mandarin ke bahasa Indonesia, dan sebaliknya serta juru bahasa (interpreter) yang dapat menerjemahkan pembicaraan di dalam pertemuan, negosiasi, serta seminar bisnis dari bahasa Mandarin ke Bahasa Indonesia dan sebaliknya.

4

International trade administrative staff

Pegawai di perusahaan berskala internasional yang mampu membuat dokumen-dokumen perdagangan internasional, membuat surat terkait perdagangan dan keuangan, membuat laporan singkat tentang kegiatan yang ada di perusahaan dalam Bahasa Mandarin.

5

Creative advertising staff

Pegawai di perusahaan berskala internasional yang mampu menulis iklan dalam bentuk leaflet, brosur, advertorial dalam media cetak dan on-line dalam bahasa Mandarin dengan baik.

6

International Marketing Staff

Pegawai di bidang pemasaran yang mempu merancang, menciptakan dan melaksanakan pemasaran internasional, termasuk merancang materi promosi berbahasa Mandarin.

7

Jurnalis media berbahasa Mandarin

Wartawan atau koresponden yang mampu menulis berita di dalam bahasa Mandarin, menyunting berita bahasa Mandarin, menerjemahkan berita dari bahasa Mandarin ke dalam bahasa Indonesia dan sebaliknya dengan baik.

 

MAINSITE